Laporan Minggu Ke-7 KM 5 SD N 3 Sarirejo

 

Di minggu ini SD N 3 Sarirejo masih melaksanakan Kegiatan Pesantren Ramadhan minggu ke-2. Teknis kegiatannya masih sama dengan minggu pertama. Pesantren Ramadhan dilakukan secara bergantian setiap harinya dari kelas 1 sampai kelas 5 kecuali kelas 6 karena sedang pemadatan materi persiapan Ujian Sekolah. Masih dalam satu rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan, di minggu ini kami juga mengadakan buka puasa bersama untuk kelas 5 dan kelas 6.

Pesantren Ramadhan setiap harinya digulir perkelas dari kelas 1-5 dengan penanggung jawab mahasiswa KM yang mengampu kelas tersebut. Kendati demikian kami yang tidak menjadi penanggung jawab pada hari itu juga ikut serta membantu berjalannya kegiatan Pesantren Ramadhan. Saya pribadi menjadi penanggung jawab untuk kelas 4, pada hari kamis.

Kegiatan Pesantren Ramadhan dimulai sejak hari senin bersama kelas 1 sampai hari jumat untuk kelas 5. Kelas 1 dan 2 kegiatan pesantren Ramadhan dibuat sesederhana mungkin sesuai dengan kemampuan mereka. Mengondisikan kelas rendah memang lebih ekstra, mereka yang cenderung sibuk sendiri, ngomong sendiri dan yang fakusnya kurang menjadi  tantangan tersendiri. Di minggu kedua pesantren Ramadhan ini sudah jauh lebih baik dan lebih kondusif karena persiapannya juga lebih matang.

Kegiatan Pesantren Ramadhan untuk kelas 4 diawali dengan pembacaan Asmaul Husna bersama yang memang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat Dhuha 2 rakaat. Hari sebelumnya anak-anak sudah diberitahukan untuk membawa mukena bagi yang perempuan dan peci bagi yang laki-laki. Sebelum melaksankan sholat Dhuha saya jelaskan terlebih mengenai tata cara pelaksanaan sholat dhuha, termasuk dengan fadhilah-fadilahnya. Kemudian, dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek dari an-nasr sampai al-Fatihah diakhiri membaca doa setelah baca Al-Quran secara bersama-sama.




Di minggu sebelumnya anak sudah saya ajak untuk menonton kisah teladan film Kisah Teladan Nabi Isa a.s dalam bentuk kartun memanfaat LCD Proyektor dan speaker. Saya analisis kembali menurut saya untuk anak kelas 4 sudah tidak begitu tertarik untuk memnonton kartun. Oleh karena itu di minggu ini saya ajak mereka untuk menonton ‘Tempat-tempat bersejarah dalam peradaban umat  Islam. Menurut saja, siswa lebih tertarik dengan itu hingga beberapa anak berkeingan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut setelah menonton tayangan itu.. Anak-anak juga saya minta untuk memperhatikan dan meresume pada buku mereka masing-masing. Hal tersebut juga dalam rangka melatih literasi mereka. Hasil tulisan mereka saya baca satu persatu, beberapa anak luamayan bisa meresume, namun banyak dari mereka yang hanya bisa menuliskan 5-10 kalimat saja.

Kegiatan berlanjut setelah jam istirahat. Setelah sholat, mengaji dan nonton kami seru-seruan dengan game Cerdas Cermat PAI. Saya bagi anak – anak menjadi 5 kelompok. Pada babak pertama kita bermain permaian yang mengharuskan mereka focus. Kemudian di level berikutnya siswa saya minta untuk merangkai huruf menjadi nama-nama yang berkaitan dengan agama islam secara berkelompok. Kemudiian  2 kelompok dengan point tertinggi lanjut pada babak selanjutnya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar keagaaman islam. Meskipun reward yang saya berikan kepada mereka sederhana namun itu menambah semangat mereka.

Kegiatan Pesantren Ramadhan diharapkan dapat melatih siswa untuk senantiasan meingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kegiatan ini pastinya juga menambah pengetahuan, ilmu dan pengalaman baru untuk siswa. Kegiatan ini tidak harus berupa ngaji saja, dengan permainan mereka terlihat nampak bergembira sekali. Saya juga berusaha menerapkan pembelajaran secara berkelompok, dengan harapan mereka memiliki tanggung jawab kelompok, sikap tolong menolong, tidak egois dan pastinya dapat bekerja sama dalam kelompok dan nilai posistif lainnya. 

Uploading: 743424 of 1090076 bytes uploaded.


Comments

  1. Jadi tidak ada kegiatan belajar-mengajar ya. Apalagi, program Literasi dan Numerasi. Tidak bisakah teman-teman lebih kreatif. Hayati tugas kalian supaya bisa menginisiasi. Tidak ada yang bisa laporkan ke KM 5.

    ReplyDelete

Post a Comment