Laporan Ke-8 KM 5 SD N 3 Sarirejo

Kegiatan di minngu ini  salah satunya masih berkaitan dengan Pesantren Ramadan, yaitu ‘Festival Ramadhan’ kegiatan lomba-lomba yang berkaitan dengan agama islam. Berikut merupakan macam-macam perlombaannya :

  • mewarnai untuk kelas 1 dan 2,
  • mengambar dan mewarnai untuk kelas 3,
  •  lomba adzan untuk kelas 3,4 dan 5, dan
  • lomba pidato untuk kelas 4 dan 5 lomba cerdas cermat agama islam untuk kelas 4 dan 5.
Kegiatan Festival Ramadhan ini terdiri dari beberpa cabang lomba, oleh karena itu kami membagi tugas percabang lomba. Saya bertanggung jawab pada lomba ‘Cerdas Cermat Pendidikan Agama Islam’. Lomba ini untuk kelas 4 dan  5. Lomba ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompoknya terdiri 3 siswa. Pada intinya kelompok yang paling banyak bisa menjawab dialah yang mendapat point terbanyak. Di babak awal, setiap kelompok harus melanjutkan ayat surat di juz 30 yang saya bacakan secara acak. Kemudian sudah saya siapkan soal agama islam yang harus mereka jawab. Soalnya bersifat umum yang berkaitan dengan agama islam, seperti tentang nabi, sholat, kandungan ayat, maupun doa-doa sehari-hari. Soal tersebut saya buat sendiri dengan pedoman buku paket siswa dari kelas 1 sampai kelas 5.

Lomba Cerdas Cermat PAI

Lomba Mengambar dan Mewarnai

Kegiatan Festival Ramadhan yang berisikan lomba-lomba menurut saya sesekali memang perlu diadakan. Kegiatan tersebut juga dapat digunakan untuk menyaring bakat dan minat siswa. Dari kegiatan tersebut saya semakin yakin jika semua siswa memiliki kelibhan dan kekurangan masing-masing. Sesungguhnya mereka sama-sama hebat hanya saja pada bidangnya masing-masing.

 
Pembagian Hadiah 

Pembagian Hadiah

Memdampingi siswa latihan menyanyi Bahasa Inggris yang akan dilombakan ditingkat kecamatan. Dimulai dari cara pelafalan, menghafal lirik lagu, memberikan pengarahan terkait gestur sampai dengan pengambilan gambar karena lomba tersebut dilaksanakan secara online.

Take Video 
Saya juga mendapat kesempatan untuk memberikan materi di kelas karena guru kelas sedan ada urusan. Dalam menyampaikan materi saya mencoba merangkan terlebih dahulu sesuai dengan materinya, tentunya dengan bahasa saya dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Menurut saya hal tersebut akan membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi yang saya berikan. Setelah selesai memberi materi, saya mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan-pertanyaan tersebut juga akan saya jelaskan kembali.

Pembelajaran di Kelas

Dalam pembelajaran saya menggunakan bahasa yang mudah di mengerti namun tetap sopan dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Saya juga mencoba membuat lagu-lagu edukasi. Semua itu dengan harapan agar siswa dapat lebih mudah memahami materi yang saya berikan.

Membersihkan perpustakaan dan membuat mading.  Membersihkan perpustakaan dengan menyapu dan mengepel. Buku kunjungan dan buku pinjam juga sudah tersedia. Di minggu ini madding kami buat dengan tema Ramadhan.  

Mading

Di minggu ini kami juga melaksankan Focus Grub Discussion (FGD) bersama DPL, Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu guru. Menurut saya ini sangat diperlukan untuk menyatukan tujuan. Forum ini dapat dijadikan salah satu tempat untuk mengevaluasi kinerja kita, agar kedepanya dapat lebih baik lagi. 

Focus Grub Discussion (FGD)


 

Comments