Laporan Minggu Ke-6 KM SD N 3 Sarirejo
Minggu ini merupakan minggu pertama diadakannya
Pesantren Ramadhan. Rencananya Pesantren Ramadhan akan dilaksanakan selama dua
minggu dengan puncak acara “Buka Puasa Bersama”. Setiap harinya digilir dari
kelas 1-5 terkecuali kelas 6 yang sedang pemadatan materi untuk persiapan
ujian. Rincian kegiatan Pesantren Ramadhan juga berbeda setiap harinya disesuaikan dengan kelas dan kemampuan anak. Penanggung
jawab kegiatan perharinya kami bagi sesuai dengan kelas yang kami ampu
masing-masing.
Pesantren Ramadhan setiap harinya digulir perkelas dari kelas 1-5 dengan penanggung jawab mahasiswa KM yang mengampu kelas tersebut. Kendati demikian kami yang tidak menjadi penanggung jawab pada hari itu juga ikut serta membantu berjalannya kegiatan Pesantren Ramadhan. Saya pribadi menjadi penanggung jawab untuk kelas 4, pada hari kamis.
Kegiatan Pesantren Ramadhan dimulai sejak hari
senin bersama kelas 1 sampai hari jumat untuk kelas 5. Kelas 1 dan 2 kegiatan
pesantren Ramadhan dibuat sesederhana mungkin sesuai dengan kemampuan mereka.
Mengondisikan kelas rendah memang lebih ekstra, mereka yang cenderung sibuk
sendiri, ngomong sendiri dan yang fakusnya kurang menjadi tantangan tersendiri.
Kegiatan Pesantren Ramadhan untuk kelas 4 diawali dengan pembacaan Asmaul Husna bersama yang memang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat Dhuha 2 rakaat. Hari sebelumnya anak-anak sudah di beritahukan untuk membawa mukena bagi yang perempuan dan peci bagi yang laki-laki. Sebelum melaksankan sholat Dhuha saya jelaskan terlebih mengenai tata cara pelaksanaan sholat dhuha, termasuk dengan fadhilah-fadilahnya. Kemudian, dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek dari Ad-Adhuha sampai An-Nasr.
Setelah itu kegiatan dilanjut dengan menonton film Kisah Teladan Nabi Isa a.s memanfaat LCD Proyektor dan speaker. Anak-anak diminta untuk memperhatikan dan meresume pada buku mereka masing-masing. Hasil tulisan mereka saya baca satu persatu, beberapa anak luamayan bisa meresume, namun banyak dari mereka yang hanya bisa menuliskan 5-10 kalimat saja.
Kegiatan berlanjut setelah jam istirahat.
Setelah sholat, mengaji dan nonton kami seru-seruan dengan game Cerdas Cermat
PAI. Saya bagi anak – anak menjadi 5 kelompok. Pada babak pertama kita bermain
permaian yang mengharuskan mereka focus. Kemudiian 2 kelompok dengan point tertinggi lanjut pada
babak selanjutnya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar keagaaman
islam. Meskipun reward yang saya berikan kepada mereka sederhana namun itu
menambah semangat mereka.
Kegiatan Pesantren Ramadhan Kelas 5 yaitu
praktik sholat subuh bersama, membaca juz 30 permasing-masing anak, saya mencoba
memperbaiki tajwid bacaan mereka sebatas yang telah saya ketahui. Kemudian setiap
anak setoran 5 surat pendek yang terdapat pada jus 30. Di akhiri dengan
menonton film Kisah Teladan Nabi Ibrahim a.s dan setiap anak di minta untuk
meresume cerita tersebut.
Kegiatan Pesantren Ramadhan diharapkan dapat melatih siswa untuk senantiasan meingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kegiatan ini pastinya juga menambah pengetahuan, ilmu dan pengalaman baru untuk siswa. Kegiatan ini tidak harus berupa ngaji saja, dengan permainan mereka terlihat nampak bergembira sekali. Saya juga berusaha menerapkan pembelajaran secara berkelompok, dengan harapan mereka memiliki tanggung jawab kelompok, sikap tolong menolong, tidak egois dan pastinya dapat bekerja sama dalam kelompok dan nilai posistif lainnya.
Apakah selama Seminggu hanya ada kegiatan Pesantren Ramadlon? Proses belajar-mengajar ditiadakan? Apakah kegiatan Pesantren Romadlon sama sekali tidak bisa dikaitkan dengan Litnum? Pada laporan ini sama sekali tidak upaya tindakan berkaitan dengan Litnum. Wassalamu'alaikum.
ReplyDelete